Jumat, 11 Maret 2011

Alat Pengukur Cuaca

tahukah anda kalau pengetahuan tentang alat pengukur cuaca sangat diperlukan. salah satu manfaat jika kita tahu alat tersebut adalah untuk mengetahui data dan digunakan dalam segala bidang, antara lain adalah pertanian.
beberapa alat yang sering digunakan adalah sebagai berikut :
1. Campbell Stokes
Alat ini digunakan untuk mengukur lama penyinaran surya. Prinsip kerja ini adalah dengan memanfaatkan energi panas surya yang membakar kertas pias pada titik api lensa yang berbentuk bola kaca masif. Pias terbakar bila sinar surya cerah yaitu diatas 209.34 Wm-2 (1Wm-2 = 0.001433 Cal/cm2/menit.



2. Termometer Maksimum dan Minimum
Alat ini digunakan untuk mengukur suhu maksimum dan minimum. Cairan yang digunakan pada termometer maksimum adalah air raksa (Hg), dengan termometer ini kita akan mengetahui suhu tertinggi pada suatu periode pengamatan. Sedangkan termometer minimum digunakan untuk mengukur suhu terendah pada suatu periode pengamatan, cairan yang digunakan pun berbeda dengan termometer maksimum yaitu dengan menggunakan alkohol.




3. Termometer Bola Basah dan Bola Kering
Alat ini digunakan untuk mengukur kelembaban pada suatu periode pengamatan.




4. Penakar Hujan Manual tipe Observatorium
Alat ini digunakan untuk mengukur Curah Hujan. Tinggi alat ini dipasang 120 cm dari permukaan tanah. Luas tampung dari alat ini adalah 100 cm2.




5. Anemometer
Alat ini digunakan untuk mengukur kecepatan angin. alat ini terdiri dari 3 sampai 4 cawan yang dibuat kerucut dan dihubungkan olehlengan yang ditempelkan pada as. Biasanya anemometer dipasang bersamaan dengan panah angin yang digunakan untuk menunjukkan arah angin pada tiang.




Alat alat diatas merupakan beberapa alat yang digunakan untuk mengukur cuaca, dan banyak sekali alat sekarang yang telah diprogram secara otomatis untuk pengambilan datanya...
semoga sangat bermanfaat...^_^

6 komentar:

  1. Balasan
    1. setau gw mahal banget, soalnya alat itu home industries, alias dibuat sesuai pesanan tidak di produksi scr masal

      Hapus
  2. assalamu'alaikum

    ikut copas ya.. :D

    syukran
    jazakallah

    BalasHapus
  3. cara pakai alat ukur hujan gimana ?

    BalasHapus